You Are Here: Home» Tips » Kata- kata "Haram" dalam Presentasi

Sambil blog walking, mata saya tiba-tiba tertarik dengan sebuah artikel yang menurutku pas dengan keyakinan saya selama ini. Nah, langsung aja aku login ke blog ini. Klik..klik.. ketik terus keyboard n akhirnya jadi satu postingan berikut..he...
   Artikel ini membahas beberapa kata yang kurang dianjurkan digunakan pada waktu berbicara di depan umum atau presentasi. Karena dengan penggunaan kata- kata tersebut justru akan mengurangi performance. Hmm..penasaran? kata- kata tersebut antara lain:


1. Mungkin
"Mungkin ini benar ..."
"Mungkin saya bisa menjawabnya..."
Seberapa sering kata ini anda gunakan?. Biasanya kata-kata ini akan terucap dengan tidak sengaja. Tapi anda harus hati-hati karena bagi pendengar yang jeli hal ini sangat kurang baik. Karena akan memberikan kesan seolah-olah anda sendiri tidak yakin. Padahal ketika anda berapa didepan sebagai pembicara, secara langsung anda harus yang paling yakin.
"Hal ini dapat dibenarkan jika.."
"Saya akan menjawabnya.."
So, yang pasti- pasti aja deh..:-)

2. Kebetulan
"Kebetulan, saya diminta untuk menyampaikan presentasi  ini..."
"Kebetulan saya diamanahi sebagai ketua panitia"
Pernahkah anda mengucapkanya?. Pemilihan kata ini kurang bagus karena  pendengar akan menganggap semua tanpa persiapan. Padahal bisa saja anda mempersiapkan slidenya presentasi semalaman suntuk. Dan lebih parah lagi kalo sampai pendengar akan menganggap bahwa anda menggunakan kata- kata itu untuk menjadi tameng atas ketidakpercayadirian anda. Nah, lo..
"Saya senang sekali dapat berada disini untuk menyampaikan presentasi kali ini, saya yakin anda pun juga demikian"
"Saya diamanahi sebagai ketua panitia dan semua yang akan kita lakukan ...."

3. (Akan) Mencoba
"Saya akan coba jelaskan poin ini.."
“Saya akan mencoba mempresentasikan tentang......”
He... he... kalo anda senyum- senyum sendiri berarti pernah secara tidak sengaja mengucapkannya :-). Seperti lagunya Dewa, Jangan Pernah Mencoba. Ato kayak iklan salah satu minyak kayu putih.. "Buat anak ko..coba-coba, buat presentasi ko coba-coba..". he...he..
"Poin ini menjelaskan tentang ..."
"Presentasi saya kali ini akan membahas tentang..."

Nah, waktunya koreksi diri nih, apa kata-kata berikut ini sering kita gunakan atau tidak?.Semoga bermanfaat.

Salam sukses
Tags: Tips

0 comments

Leave a Reply