You Are Here: Home» belajar , waktu belajar » Waktu yang tepat untuk belajar

Salah satu usaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam belajar adalah dengan belajar pada saat yang "tepat". Nah, pertanyaan selanjutnya adalah kapan sih waktu belajar yang tepat itu?. Tiap orang mungkin bisa saja memiliki jawaban yang beragam. Bagi anda yang masih kesulitan untuk mengatur waktu yang tepat untuk belajar, berikut saya bagikan tips yang saya ambil dari buku "Belajar Lebih Cerdas Bukan Lebih Keras". Ok, mari kita bahas satu-persatu.


1. Pukul 02.30- 04.00
Ini adalah waktu yang paling ideal untuk belajar. Bahkan disebutkan bahwa daya serap materi belajar bisa mencapai 90%-100%. Hal ini didukung dengan karena otak dalam keadaan benar-benar fresh setelah bangun tidur, udara pagi yang sejuk, suasana yang tenang, dan juga kondisi jiwa kita yang tenang setelah megerjakan ibadah malam. Bagi yang anda yang ingin mendapatkan hasil belajar yang paling optimal, anda dapat mencobanya pada waktu-waktu ini .


2. Sore Hari
Sore hari setelah anda mandi merupakan waktu yang cocok juga untuk belajar. Bagi anda yang punya kebiasaan tidur siang, sore hari tentu badan anda akan kembali segar. Dengan kemungkinan daya serap materi pelajaran sekitar 60%-70% maka anda dapat pergunakan untuk belajar sambil ditemani camilan dan musik kesayangan. Suasana santai di sore hari akan membuat akan lebih mudah untuk fokus belajar.


3. Pukul 20.00-22.00
Rentang waktu ini juga masih dapat dimanfaatkan dengan baik untuk belajar. Daya serap anda pada materi pelajaran pada umumnya akan menurun pada jam-jam ini, yaitu hanya sekitar 20%-30%. Untuk itu rentan waktu ini sangat tepat untuk mengerjakan tugas-tugas yang yang belum terselesaikan. Dengan sisa kondisi tubuh yang mulai mengantuk juga konsentrasi yang banyak terganggu, misalnya televisi, keramaian di rumah, dll., maka anda sebaiknya tidak memaksakan untuk menyerap pelajaran.


Pengoptimalan belajar pada ketiga waktu tersebut diatas akan terasa hasilnya jika anda rutin melakukannya. Dan yang terpenting lagi segera anda praktekkan.


Semoga membantu,








Sumber: disadur dari berbagai sumber

3 comments

  1. Anonim says:

    nice blog,..
    keep in touch,..:)

    Grateful and useful ..^^



    Cheers,
    MB

  2. Anonim says:

    jempol for you

  3. Anonim says:

    Tips yang bagus. Thank U

Leave a Reply