You Are Here: Home» Enterpreneur » Teknik Negosiasi Praktis (1)

 Ini oleh-oleh dari seminar yang diadakan Mein R. Uno Foundation, Komunitas Tangan Di Atas (TDA) dan Karya Salemba Empat (KSE) di perpustakaan pusat ITS beberapa waktu yang lalu. Acara yang menurutku berbobot tapi dikemas dengan gaya santai. Salut untuk semuanya.
   Salah satu materi yang ada adalah teknik negosiasi dengan judul "Negotitation using NLP". Hmm.. bagi kamu yang belum tahu tentang NPL alias Neuro-Linguistic Programming (NLP) adalah model komunikasi interpersonal dan merupakan pendekatan alternatif terhadap psikoterapi yang didasarkan kepada pembelajaran subyektif mengenai bahasa, komunikasi, dan perubahan personal. Kira-kira begitu kata Bu Wiki. Awalnya pikirku pasti pake kata-kata yang idealis, menggebu-gebu, dan "tingkat tinggi". Eh, ternyata santai abis.
   Dalam materi ini dibahas beberapa langkah dalam menggunakan NLP dalam negosiasi. Langkah - langkah tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengenal Predikat

    Apa itu predikat yang selama ini kamu kenal?. Kalo ada kalimat "Saya makan roti", maka kamu dengan mudah akan menjawab bahwa predikat nya adalah kata "makan". Demikian juga dengan kalimat " Saya bermain bola", "Dia memakai sandal", dll. Tapi predikat yang dimaksud dengan predikat disini adalah lebih pada definisi jenjang penilaian yg dinyatakan secara kualitatif.
    Karena dalam menilai sesuatu orang kaan menggunakan indera nya. Seperti kita tahu bahwa indera manusia ada 5 yaitu pendengaran, penglihatan, penciuman, peraba, dan perasa. Nah, kamu musti tahu "predikat" apa yang dipakai orang dalam menilai sesuatu. Misalnya, ketika kamu memajang dagangan kamu, dan tiba-tiba ada orang datang dan penilaian dengan berkata " baunya harum ya mas". Tentu dengan mudah kita sekarang tahu dia sedang menggunakan "predikat" apa khan?. Dalam hal ini ikuti predikat yang dia gunakan dengan memperkenalkan jenis-jenis bau yang lain yang ada di produk kamu. Tentu kurang bijak jika kita menanggapinya dengan memberinya gambaran tentang "bentuk" produk kamu. Kurang klop.
2. Metaprogram

  Hal ini juga ndak kalah penting penggunaannya dalamnegosiasi. Kata orang yang sudah paham tentang NLP,  metaprogram merupakan program internal yang digunakan untuk mensortir dan menentukan hal-hal apa yang kita ingin menaruh perhatian. Pikiran melakukan generalisasi, menghapus dan mengedit (distort) beberapa informasi dari luar karena hanya mampu mengolah sedikit informasi pada saat yang sama.
   Bingung?..he.. .kata - kata yangluarbiasa bukan?. Tapi saya akan menggunakan kata- kata yang mungkin akan mudah untuk dicerna.He..he.. Semoga artinya tetap sama. Sepemahamanku, metaprogram lebih kepada kecenderungan kita dalam berfikir saat kita menghadapi situasi tertentu. Kondisi yang mudah ditebak adalh ketika kita menghadapi permasalahan, ada dua kemungkinan yaitu kondisi "pengen" (toward) atau kondisi "menghindar" (step away).  Gambaram mudahnya seperti ini, misalkan ketika kita datang tepat waktu saat kuliah atau datang ke sekolah, ketika kita ditanya "Kenapa kamu datang tepat waktu?". Ketika siswa A memeberikan jawaban "Saya pengen mengikuti mata pelajaran yang saya sukai". dan siswa B menjawab "Agar tidak kena hukuman". Nah, anda tahu khan mana yang berfikir toward direction dan mana yang berfikir step away direction. Dan ini sering terlontar dengan tidak sengaja pada diri anda. Pernahkah anda mengalaminya?.He..
   Dalam penggunaannya, kamu musti jeli melihat ekspresi ini. Dan langkah selanjutnya adalah ikuti cara berfikirnya. Misalkan pada kasus kedua siswa diatas, kamu bisa menggunakan kata-kata toward direction dengan berkata " Kalo kamu dateng lebih pagi, kita bisa mendapat ilmu lebih banayk lo.." atau menggunakan kata step way direction dengan " Kalo ndak dateng pagi, kamu ndak boleh masuk kelas". Tanggapan ini dapat kamu gunakan sesuai dengan keprluan yang kamu mau. Toward atau Step way.
Ok, sementara itu dulu.. tips yang lain menyusul. To be continued...he... 
Source :
http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php
http://portalnlp.com/?p=20 

images:
http://edge.papercutpm.com
Tags: Enterpreneur

1 comments

  1. pembahasan tentang teknik negosiasi memang sangat menarik untuk disimak.

    Salam sukses untuk kita semua,
    Hs. Sugiyanto
    CEO Pintarbernegosiasi.com

Leave a Reply