You Are Here: Home» Blogging , Internet marketing » Blogger dan Mimpi Indonesia

Blogger Indonesia bertanggungjawab atas kemajuan bangsa Indonesia. Setidaknya ungkapan itu tidak berlebihan jika ungkapkan di jaman modern ini. Kemajuan yang dimaksud meliputi segala bidang kehidupan. Misalnya pendidikan, informasi, komunikasi, politik dan bidang sosial lainnya. Dengan kemajuan pesat khususnya dalam bidang informasi, para blogger lah yang paling banyak menikmatinya. Akses yang yang memungkinkan kita berhubungan dengan semua orang diseluruh dunia. Perkumpulan blogger pun bak jamur dimusim hujan, bertebaran dimana-mana. Namun dibalik semua itu sebenarnya ada "konsekuensi" yang dipikul para  blogger, yaitu turut aktif memajukan Indonesia.

Berikut beberapa upaya yang wajib terus dilakukan dan ditingkatkan antara lain:


1. Blogger Indonesia harus punya mimpi bersama
Ya, betul. Pepatah yang mengatakan bahwa "semua berawal dari mimpi" adalah benar kawan. Mari bermimpi, karena secara langsung baik sadar maupun tidak pikiran kita akan tertarik untuk mewujudkan mimpi itu. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apa mimpi kita sebagai blogger, yang notabene punya kesempatan lebih untuk mendapat informasi dan punya kemampuan untuk berbagi informasi. Dan yang paling penting mimpi itu harus diamini semua orang. Jadi biar enak mikirnya, dipikir bareng bareng. Misalnya blogger Indonesia punya mimpi gotong royong membuat ebook pendidikan IT sebanyak 1000 per tahun bagi siswa SD-SMA. Jadi ndak selalu komersil kegiatannya.
Cara kedua yang bisa dilakukan adalah mencari "musuh bersama". Lo kok cari musuh?. Ya, betul. masih ingat beberapa saat yang lalu ketika kebudayaan kita di akui malaysia?. Saat itu seolah para blogger berlomba untuk membuat postingan yang sangat tajam dalam mengkritik. Saya sebagai orang awam melihatnya sebagai hal yang sangat hebat. Ternyata daya analisis para blogger kita sangat potensial. Sekarang tugas kita adalah menjadikan ketertinggalan kita sebagai musuh bersama, gimana?, berani?

2. Bidang pendidikan menjadi prioritas
Pendidikan adalah investasi terbesar sebuah negara. Hal ini tidak dapat dipungkiri dan sudah banyak negara menyadarinya. Menurut saya ketertinggalan Indonesia dalam bidang pendidikan bukan karena sumberdaya manusianya, tapi sistem dan orptimalisasinya yang belum maksimal. Meskipun mulai ada beberapa blogger yang konsern di bidang ini, namun itu masih kurang. Bahkan saya sepakat bahwa isu pendidikan dijadikan hal yang patut dipikirkan dan diperjuangkan oleh seluruh blogger di negeri ini. Kalo ada program "Indonesia mengajar" mengapa belum ada program "Blogger Mengajar"? . Ya mengajar dengan cara blogger yang penting tujuannya pasti : memajukan pendidikan di Indonesia. Sudah capek rasanya nulis postingan yang isinya hanya menghujat para penguasa yang seakan mereka tutup rapat telinganya.

3. Ada tahapan langkah yang jelas
Ini penting, karena kalo cuma ngomong itu gampang, yang agak susah cara mem-breakdown-kannya untuk jadi kegiatan nyata itu yang paling menentukan apakah itu realiastis atau tidak. Langkah yang mungkin bisa biambil misalnya :
-Tahun ke 1 : Penentuan isu utama dan promosi ke semua komunitas blogger di Indonesia maupun di luarnegeri. Tujuannya mengajak untuk bergabung dalam kegiatan dengan topik yang sama tersebut.
-Tahun ke 2 & 3: Penghimpunan informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan dari semua kalangan blogger terkait dengan topik dan  penjaringan feedback dari "konsumen".
-Tahun ke 4: Evaluasi dan pembentukan badan formal.
-Tahun ke 5: Pembentukan sistem regenerasi yang bagus

4. Segera dilakukan.
Hal terakhir yang menjadi kunci adalah seberapa cepat kita akan memulainya. Bila anda memang peduli dan sepakat dengan tulisan ini, saya yakin anda segera buka tab baru di browser anda dan langsung melakukan yang bermanfaat bagi masyarakat kita, terutama pendidikan.

Kalo ada masukan yang membangun monggo kita diskusi, berikan komentar anda dibawah ini.
Mari Berbagi. 




Sumber gambar : http://seanseo.com/

0 comments

Leave a Reply